Analisis service marketing maskapai penerbangan,
Analisis service marketing Maskapai penerbangan KLM Royal Dutch Airlines, British Airway, Lufthansa
a. Klasifikasi penerbangan dengan menggunakan katagori produk konsumen. Penerbangan merupakan katagori shopping goods karena barang yang memutuskan membelinya butuh pertimbangan seperti dengan melakukan perbandingan dan mencari informasi produk dari berbagai sumber
b. Proses jasa transportasi penerbangan dari ketiga maskapai mengedepankan kebutuhan dan keinginan pelanggan, dari maskapai KLM Royal Dutch Airlines lebih menggunakan dan memprioritaskan banyak berinterkasi dengan pelanggan melalui mobilphone dan website. Sedangkan maskapai British Airways mengedepankan kenyamanan pelanggan dan maskapai Lufthansa lebih memprioritaskan service atau layanan kepada pelanggan.
c. Masing masing maskapai memiliki ciri khas yang membedakan dari yang lain :
KLM Royal Dutch Airline
Sebagai maskapai penerbangan dengan one global travell solution dan sebagai maskapai operasional pengangkutan cargo terbesar secara internasional tanpa integrasi.
British Airways
Pemilihan penerbangan khusus untuk setiap travell classes dengan pelayanan yang diberikan sesuai kelas penerbangan untuk kenyamanan dan kebutuhan penumpang.
Lufthansa
Memiliki layar privasi Adjustable antara tempat duduk, ruang longgar, Kemewahan adalah yang mereka punya. Cabin interior dari lufthansa merupakan yang terbaik, juga sebagai maskapai terbesar yang dapat mengangkut banyak penumpang.
d. Jika Lufthansa melakukan ekspansi dengan mengembangkan hotel wisata, saya merekomendasikan untuk membuka hotel di daerah wisata yang menjadi favorit wisatawan berkunjung seperti dubai yang sangat banyak tempat wisatanya dan asia khususnya indonesia contohnya bali dengan keanekaragaman dan keindahan wisata alamnya karena prospek kedepan dari kota tersebut menjanjikan sebagai peluang bisnis baru dengan peminat yang banyak maka akan membantu keuntungan perusahaan dari bisnis lini produk. Selain itu fasilitas-fasilitas yang akan diberikan hendaknya memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri dari hotel yang dengan harga yang ditawarkan relatif bersaing memalui promosi diwebsite dan media lainya dengan program paket liburan lengkap.
e. Penerbangan yang akan saya pilih adalah Lufthansa. Alasannya adalah Lufthansa memiiki fasilitas yang banyak dan mengutamakan kenyamanan pelanggan.selain itu Lufthansa juga merupakan perusahaan penerbangan terbaik, banyak memberikan kemudahan dan pelayanan yang sangat bagus menunjukan kinerja dari perusahaan penerbangan tersebut. Peruahaan penerbangan terbaik pastinya akan memberikan fasiitas dan pelayanan yang baik pula untuk pelanggan.
Berikut tabel analisis service maskapai :
|
KLM Royal
Dutch Airlines
www.klm.nl
|
British
Airways
www.british-airways.com
|
Lufthansa
www.lufthansa.com
|
Banyak Tujuan
|
151 tujuan dari amsterdam,
163
tujuan dilayani oleh KLM, banyak yang terletak di Amerika, Asia dan Afrika.
|
British
Airways melayani hampir 150 tujuan, termasuk enam domestik. Ini adalah salah
satu dari sepuluh operator untuk terbang ke semua enam benua dihuni secara
permanen
|
Mengoperasikan
penerbangan ke 209 kota di 81 negara
Lufthansa
terbang ke 410 kota
|
Program Frequent Flyer yang menarik
|
Flying
Blue
Tingkat
keanggotaan flying blue memiliki keunggulan tersendiri, membuat perjalanan dengan
kami yang menyenangkan, setiap kali Anda terbang tambahan tujuan penerbangan.
Dari keanggotaan awal (Gading), melalui Elite (Silver), sampai ke Elite Plus
(Gold dan Platinum).
Bluebiz, yaitu program loyalitas konsumen untuk perusahaan
|
Program frequent flyer British
Airways adalah the executive club yaitu program untuk Sebagai
Anggota Club, Anda akan mendapatkan akses cepat ke penawaran khusus,
menghemat waktu fitur yang membuat perjalanan mudah, dan poin Avios keluarkan
untuk penerbangan, hotel dan banyak lagi. The executive club memiliki
tiga level yaitu blue, silver, and gold tergantung dari perolehan poin per
tahunnya
|
Miles and more adalah program hadiah gratis untuk pelanggan loyal dari
Lufthansa. Member Miles & Morememperolehpoin yang dapat ditukarkan
dengan voucher hotel, penerbangan gratis, penambahan bagasi, atau produk
Lufthansa lainnya.
|
Fitur Jasa lain
|
Pesan hotel,
menyewa mobil, ke dan dari bandara, panduan wisata, Corporate
travel contracting, corporate account, One global travel solution,
Air france-KLM cargo
|
Kami
menawarkan layanan Skyflyer Solo untuk anak-anak yang melakukan perjalanan
pada penerbangan kami tanpa ditemani. Ini harus dipesan jika seorang anak
bepergian sendiri antara usia 5 dan 12 tahun.
Panduan
wisata buku Liburan dari British Airways Nikmati liburan
di lebih dari 600 tujuan di seluruh dunia ketika Anda terbang
dengan British Airways.
Pesan hotel, sewa mobil,
British Airways Cargo.
|
Lufthansa Cargo, perusahaan penerbangan logistik
Lufthansa
Technik, penyedia jasa perawatan pesawat
Lufthansa Systems, penyedia IT penerbangan
terbesar Eropa
Lufthansa
Flight Training, penyedia pelayanan pelatihan awak penerbangan berbagai
maskapai dan sayap pelatihan utama bagi pilot mereka.
Pemesanan
Hotel.
Penyewaan
mobil.
|
Bukti dari kualitas jasa
|
KLM
Royal Dutch tergabung dalam AirlinesSkyTeam. Ini menunjukan kinerja KLM
yang sangat baik,
Kompensasi
dan pengembalian uang apabila terjadi ketidaksesuaian, Bantuan medis melalui
KLM peduli dalam penerbangan.
|
Pilihan
pelayanan penerbangan dengan Travel classes
Classes
first, club world, club london city, club europe, world traveller plus, world
traveller, europe traveller, UK domestic.
Sebagai
pelopor kursi tidur/ tempat tidur dalam kabin untuk perjalanan jauh.
Aplikasi
kami pelayanan tersedia untuk iPhone, BlackBerry, Android dan Telepon Windows
untuk membantu Anda mengelola perjalanan Anda dengan mudah saat Anda
bepergian. Anda juga dapat men-download boarding pass mobile untuk telepon
Anda untuk banyak rute kami.
Kedatangan dan keberangkatan
melalui pesan teks.
|
iPhone
atau Blackberry, Nokia, Android atau Smartphone lain. Anda akan memiliki akses mobile di mana saja, kapan saja untuk
layanan terbang dengan Lufthansa.
Portal
ponsel mobile.lufthansa.com sekarang menawarkan prosedur pemesanan
baru dirancang bahkan lebih nyaman. Juga baru adalah pilihan
untuk rebook
penerbangan melalui
perangkat mobile.
Fitur
tambahan lainnya adalah pilihan untuk pemesanan penerbangan untuk anak-anak
dan bayi.
Ketika
check in melalui App Lufthansa, boarding pass yang dihasilkan secara
otomatis akan disimpan dalam Aplikasi. Sehingga membuat boarding
pass tersedia setiap saat.
Fitur
baru lainnya adalah akses langsung ke bagian "Info &
Layanan" langsung dari layar utama aplikasi navigasi. The
"Jadwal" bagian menawarkan opsi tambahan untuk mengurutkan
dan struktur serta informasi cuaca tambahan. Yang
terakhir ini juga tersedia di bagian "Flight Status".
'check in', 'Miles & More saldo account' dan
'pemesanan Saya' , rute, dan infformasi penerbangan lainnya dapat dengan
mudah diakses melalui
|
Posisi persaingan
|
KLM
merupakan maskapai terbesar di dunia dalam penghasilan operasi, dan yang
terbesar ketiga (terbesar di Eropa) dalam kilometer penumpang
penerbangan KLM menempati posisi ketiga.
|
BA menempati peringkat kedua setelah
lufthansa dari ketiga maskapai penerbangan ini.
|
Lufthansa
memegang armada pesawat terbanyak ketiga di
dunia
dan merupakan operator pesawat non-Amerika terbesar.
|
Metode interaksi pelanggan di situs
|
Pesan
secara online, ubah / batal tiket secara onine, pilih tempat duduk secara
online, pengaturan bagasi secara online, akses langsung ke online check-in,
meminta makan khusus, menerima
up-to-date informasi penerbangan melalui SMS atau e-mail dan berlangganan
e-newsletter kami dan tentang perkembangan terbaru kami dan penawaran khusus,
live keberangkatan dan kedatangan serta gangguan, Kemudahan
akses lewat klm.com for mobile konsumen bisa mengaksesnya melalui handphone
kapanpun dan dimanapun,
Web tersedia dalam berbagai bahasa.
|
Lebih
melalui mobile phone dalam berinterkasi dengan pelanggan.
Tampilan
website sederhana tapi memberikan banyak informasi yang lengkap.
Website
BA tersedia dengan berbagai bahasa.
|
Jadwal penerbangan bisa di download di situsnya.
dapat
men-download peta kursi dan data teknis dari armada kami dari pesawat sebagai
file pdf.
Lufthansa e-newsletter
Dapatkan berita terbaru Lufthansa dan memenangkan
hadiah bulanan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar