Laman

Rabu, 16 Mei 2012

Bersaing dengan Android, Nokia rekrut pecinta Vespa di Cina,

 Bersaing dengan Android, Nokia rekrut pecinta Vespa di Cina,

Adam Guli, juragan sosial media yang mengelilingi Beijing dengan Sekuter Vespa memberi tumpangan kepada Nokia dalam persaingan melawan handset Android dan Iphone di Cina.

Guli adalah juragan aplikasi sosial media berbasis lokasi di Cina, Let's Powwow. Dengan berbekal katalog jutaan restoran, klub, dan konsumen bisnis lainya Guli menarik perhtian pengguna melalui aplikasi Let's Powwow. Nokia membeli sebuah startup berusia dua tahun. Tujuannya adalah untuk membuat aplikasi berbasis Window Phone yang menurut Guli termasuk piranti lunak pengantar debut Lumia milik Nokia dinegara pasar nirkabel terbesar dunia terebut.

Rabu 28 Maret 2012 Nokia meluncurkan Lumia 800 dan Lumia 610 yang dijalankan jaringan China Telecom Corp. Keduanya juga dijalankan pada telepon yang jaringanya dioperasikan China Unicom Hongkong Ltd. dan China Mobile Ltd.

"Kami yakin bahwa aplikasi yang relevan secara lokal akan mndapatkan banyak perhatian," kata Chief Executive Officer Nokia, Stephen Elop, saat peluncuran Lumia versi berbasis perangkat luna Microsoft Corp. seperti dilansir Bloomberg 29 Maret 2012.

Pesaing Nokia, Iphone di Cina tidak dominan seperti di Amerika Serikat. Menurut Derek Ling dari Tianji, Jaringan profesional terbesar dicina, Apple, mengalami kesulitan dalam bernegosiasi dengan peraturan China Mobile, provider terbesar China.

 

Analisis Kasus

 

Pertanyaan 1

Sosial media Let Powwow adalah perusahaan Mobile Internet /platform yang berbasis lokasi, jaringan, layanan Social Search Engine yang didasarkan atas kebutuhan pengguna pribadi dan penetapan preferensi.

Let’s Powwow menawarkan informasi yang relevan tentang tempat, orang dan peristiwa di sekitar individu yang berkaitan dengan kesukaan tertentu seseorang dan kepentingan. Let’s powwow merupakan penyedia layanan internet mobile pribadi. Melalui GPS, Anda tidak hanya mendapatkan semua informasi dari restoran, bar, ruang senam dan lain-lain, tetapi juga semua penawaran terbaik di kota. Let’s Powwow mendorong kita berbagi informasi dan berhubungan dengan banyak orang.

Keuntungan yang didapatkan mengakses Let’s Powwow adalah kita mendapatkan segala informasi dari tempat-tempat yang penting dan banyak disukai yang sering dikunjungi oleh penggunanya dan juga mendapat informasi tentang penawaran barang atau jasa di kota yang tempat tinggal kita khususnya China. Selain itu kita juga dapat bersosialisasi dengan banyak orang sesama pengguna Let’s Powwow untuk menambah teman dan relasi.

Ciri Khas aplikasi lets Powwow adalah menekankan aspek sosial dari apliakasi kepada penggunanya. Mendorong mereka untuk berbagi pikiran, perasaan dan ide-ide tentang lingkungan mereka. Ini memberikan sedikit nilai bagi untuk teman-teman mereka dan tempat mereka "check-in". Check in adalah tindakan menunjukkan kepada teman-teman anda dimana anda berada dan mereka untuk melihat anda.Karena sebagian besar aplikasi lain tidak benar-benar peduli jika anda berada dilokasi atau tidak ketika anda check-in, itu mengurangi nilai bahwa pengguna untuk tempat itu sendiri. Dengan membuat fungsi menukar penawaran, tempat tersebut benar-benar menunjukkan bahwa seseorang berada pada tempat mereka sering menggunakan uangnya untuk berbelanja jasa atau produk.

Pembeda dengan aplikasi sosial media lainnya let's powwow adalah bertujuan untuk mengidentifikasi tempat target pelanggan dan mengembangkan promosi yang akan menarik pelanggan da teman-temannya atau komunitasnya. Memberikan informasi siapa saja yang suka tempat tersebut dan menshare tempat tersebut dengan teman mereka, dengan check-in.

Aplikasi ini dapat menambah nilai bagi tempat tersebut dengan melihat atau mengamati apa yang orang katakan tentang suatu tempat juga lebih tertarik melihat apa saja perilaku membeli pelanggan mereka memiliki. Kemudian mereka dapat menargetkan pelanggan setia atau aktif yang dapat mengidentifikasi perilaku membeli dari sosial media ini dapat mengumpulkan dan memberikan laporan tentang informasi dari pelanggan. Let’s Powwow menjadi platform yang dapat digunakan untuk memahami kesenjangan dalam bisnis untuk membantu menganalisis pelanggan kita. Itulah yang menjadi pembeda aplikasi ini dengan media sosial lainnya.

Aplikasi ini hanya terdapat secara lokal dichina karena menargetkan kelas menengah-atas. di china, demografis kelas menengah yang berkembang dengan cepat dan ada tempat-tempat baru bermunculan setiap hari untuk mmberi makan keinginan mereka. Cina sudah memiliki 18 juta pengguna media sosial. Menunjukkan bahwa china merupakan pengguna aplikasi untuk segala kesehariannya. Mka let's powwow sebgi aplikasi yang mendukung kegiatan orang-orang china dalam memperoleh informasi dan juga saat ini perusahaan cina ingin menjadi dan membentuk kembali dunia komersial serta pengembangan aplikasi cina yang membuat kualitas perangkat lunak untuk platform yang berkualitas.

 

Pertanyaan 2

Strategi yang dilakukan Nokia dengan bekerjasama dengan Let’s Powwow merupakan strategi yang tepat. Karena Nokia dengan penekanan pada fitur dan aplikasi konten lokal cina dapat menarik pembeli dalam persaingan di pasar china. Para pengguna lokal akan merasa lebih cocok dengan Nokia yang menggunakan aplikasi lokal yang sudah mengetahui apa saja yang diinginkan pelanggan lokal tersebut. Sehingga kebutuhan dan keinginan pasar yang terpenuhi dapat memberikan nilai tambah atas penjualan handset produk Nokia tersebut.

Dari teori market entry strategy adalah strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar yang dijadikan pasar sasaran penjualan. Nokia menggunakan strategy cooporative atau disebut juga aliansi strategis dimana strategi ini suatu perusahaan bekerjasama dengan perusahaan lain yang dapat memberikan keunggulan dibandingkan dengan perusahaan sejenis dalam persaingan handset di pasar.

 

Pertanyaan 3

Kendala Apple di china adalah alasannya cukup sederhana, karena jaringan di Cina belum dapat sepenuhnya mendukung perangkat iPhone dan iPad. Kendala lainnya adalah china gak mau jadi konsumen kayak di indonesia yang maniak BB dan Apple, china negara negara mandiri yang mau menjadi produsen untuk kesejahteraan rakyatnya bukan hanya sekedar konsumen China Mobile Ltd adalah perusahaan telekomunikasi terbesar dari tiga negara besar dengan 600juta pelanggan.

Akan tetapi jaringan yang dimiliki (TD-SCDMA) tidak cukup kompatibel untuk perangkat Apple. Menurut sumber dari Cellular-news (7/2/2012), berbagai keluhan datang dari para pengguna iphone $s yang merupakan pelanggan China Mobile. Ada yang mengeluh tidak bisa mengaktifkan iphone 4S mereka, lalu ada yang tidak dapat sinyal sama sekali, bahkan sebagian lainnya tidak dapat menerima panggilan masuk dan masalah teknis lainnya. Masalah ini tidak ada hubungannya dengan SIM card dari China Mobile, tapi lebih kepada chip GSM di Iphone 4s yang menjadi biang keladinya, karena chip tersebut hanya mendukung band frekuensi P (885-915Mhz), tapi tidak dengan band frekuensi E (880-890MHz). seperti yang dikatakan Edwin.   

Apple mengklaim masalah ini disebabkan perangkat lunak dalam smartphone, dan sedang berusaha memeprbaikinya dengan melakukan pembaruan perangkat lunak. Sebagai operator handphone terbesar dinegara itu, China Mobile sendiri menyediakan layanan khusus untuk membantu pengguna memotong karu SIM merka agar sesuai slot kartu, yakni microSIM di iPhone 4S pendapat choiru rizkia.

Selain karena masalah jaringan, fakta yang ada adalah bahwa mayoritas pengguna ponsel di Cina sudah cukup puas menggunakan ponsel hanya sekedar untuk menelpon atau mengirim pesan. "Hanya sekitar sepersepuluh dari hampir 1 miliar pengguna ponsel di China yang menggunakan 3G," seperti yang dilaporkan oleh Reuteurs. Dibanding dengan data bahwa Cina merupakan pasar smartphone terbesar di dunia, jumlah ini sangatlah kecil.

Startegi yang harus dilakukan apple dalam memasuki pasar cina yaitu dengan bekerjasama (aliansi startegis) dengan Apple bisa merebut hati pemerintah di Cina untuk membuat perjanjian dengan China Mobile dengan membangun jaringan TD-LTE 4G maka mungkin saja pada tahun depan atau awal 2013, Apple akan mampu merebut pasar Cina dengan peningkatan penjualan yang lebih tinggi.

 

Kesimpulan

1. Let's Powwow adalah aplikasi sosial media yang mempunyai fungsi sebgai jaringan yang memberikan informasi kepada semua orang tentang berbagai tempat yang menarik dan menyenangkan melalui aplikasi dari handset tersebut mempunyai keunggulan bagi perusahaan dimana produk mereka dipromosikan secara tidak langsung melalui pelanggannya dengan cara word of mounth secara dunia maya. perusahaan juga dapat informasi tentang pelanggan melalui aplikasi ini sehinggan perusahaan dapat membangun hubungan dengan pelanggan yang baik dengan tujuan terciptanya loyalitas pelanggan.

 

2. Strategi pemasaran yang dilakukan Nokia merupakan strategi yang tepat karena perusahaan tersebut bekerjasama dengan aplikasi lokal (Lets Powwow) delam programnya sehingga memberikan nilai tambah bagi smartphone Nokia tersebut. Dengan banyak diminatinya produk Nokia maka perusahaan dengan mudah mendapatkan pangsa pasar di China dan mampu bersaing dengan perusahaan handset lainnya demi mengatasi sikulus produk yang mulai menurun dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat dan dapat meningkatkan profit perusahaan.

3. Startegi Apple untuk dapat di terima di pasar China yaitu dengan melakukan kerjasama dengan pihak pemerintah setempat dan provider china (China Mobile) dengan memperbaiki jaringan yang disesuaikan dengan jaringan di China yang lebih kompatible, selain itu Apple hendaknya melakukan penambahan program lokal dalam handsetnya dengan 

               

 Daftar Pustaka


Agus Rahayu.2008.Strategi Pemasaran Model untuk Keunggulan., Rizqi Press : Bandung.
Vannesa Gaffar. Global Marketing PPT

http://www.teknoup.com/

 

1 komentar:

  1. Free Spins in Blackjack - Lucky Club Live
    Blackjack players have luckyclub the ability to take advantage of the “free spins” feature of this feature. It gives you an opportunity to get bonus credits for

    BalasHapus